Mejuah-juah tanah karo simalem. Bagi Anda yang memiliki info tanah karo dan ingin dipublikasikan di blog ini silahkan kirim ke: karo_simalem@ymail.com

Monday, September 06, 2010

Getaran vulkanik meningkat

Sinabung dari ketinggian (elsaelsi.wordpress.com)

Aktivitas Gunung Sinabung hingga Senin (6/9) berangsur-angsur tenang. Tapi, aktivitas di dalam gunung diperkirakan masih meningkat.

Kepala Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) Surono, Senin (6/9), mengatakan, saat ini energi tremor cenderung menurun. Namun di sisi lain terjadi peningkatan getaran vulkanik.

Dari pantauan selama 3 hari, terjadi sebanyak 55 getaran gempa vulkanik berskala kecil yang tidak dirasakan oleh manusia. "Perkiraan saya saat ini gunung saat ini sedang melakukan pengumpulan energi," ujar Surono.

Karena itu, pihaknya masih menetapkan status awas level IV meski kabut asap dan debu vulkanik berangsur-angsur mulai berkurang.

"Memang sekarang aktivitasnya tenang secara visual. Tetapi saya tidak bisa bilang apa pun, karena ini gejala alam. Sebaiknya rumah yang berjarak 6 kilometer dari pusat letusan tetap meninggalkan rumah menunggu aman," kata Surono.(metrotvnews.com)

No comments: