Mejuah-juah tanah karo simalem. Bagi Anda yang memiliki info tanah karo dan ingin dipublikasikan di blog ini silahkan kirim ke: karo_simalem@ymail.com

Tuesday, September 07, 2010

Tanggap darurat Sinabung diperpanjang

Pemerintah kemungkinan memperpanjang pemberlakuan tanggap darurat Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Hal itu dilakukan menyusul meletusnya kembali gunung berketinggian 2.400 mdpl pada dini hari tadi.

"Berakhirnya besok 9 September. Tapi kita melihat situasi seperti sekarang ini dan besok sudah tanggal 8 kemungkinan akan diperpanjang," kata Menko Kesra Agung Laksono usai rapat mengenai pendidikan di Kantor wakil presiden, Jl Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (7/9).

Mengenai berapa hari perpanjangan tanggap darurat itu diterapkan, Agung belum bisa menyebutkan. Hal itu, kata dia, sangat tergantung pada analisis Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) yang dipimpin oleh Surono.

Terkait letusan yang terakhir, Agung mengatakan kekuatannya makin menurun. Namun, penduduk yang berada di radius 6 Km dari gunung tersebut kembali diungsikan sehingga pengungsi yang sebelumnya sudah turun sekitar 23 ribu, kini naik lagi menjadi 30 ribu jiwa.

"Jadi setelah itu akan turun lagi karena sangat fluktuatif," urai mantan Ketua DPR ini.

Menurut Agung, masalah yang dihadapi sekarang adalah menghilangkan kejenuhan para pengungsi. Sebab, tambah dia, bila dibiarkan para pengungsi itu dapat mengalami masalah kejiwaan dan kesehatan.

"Jadi sekarang sementara menanti ada kepastian, dikelola dengan baik kebutuhan pengungsi termasuk kebutuhan yang sifatnya psikologis. Kalau makan cukup. Pemda setempat didukung Pemprov dan pemerintah pusat, jumlah berapa pun pengungsi sampai 30 ribu lebih tetap bisa di-cover," kata Agung.(detik.com)

No comments: