Mejuah-juah tanah karo simalem. Bagi Anda yang memiliki info tanah karo dan ingin dipublikasikan di blog ini silahkan kirim ke: karo_simalem@ymail.com

Monday, April 16, 2012

Tiga Titik Jalinsum Rawan Longsor

Salah satu jalan rusak di Jalinsum (hariansumutpos.com)
Cuaca ekstrem beberapa pekan terakhir dikhawatirkan berdampak terhadap bencana alam di Kabupaten Karo. Curah hujan yang cukup tinggi diperkirakan akan menimbulkan longsor di sejumlah titik, khususnya di kawasan Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) yang menghubungkan Karo dengan Dairi, Pakpak Bharat, Deliserdang, Simalungun, dan Provinsi NAD.

Hal tersebut disampaikan Kaban Kesbang Pol dan Linmas Pemkab Karo Drs Suang Karo-karo di ruang kerjanya, kemarin. Sesuai keterangan Suang, kawasan yang rawan longsor antara lain perbukitan lintas Medan-Berastagi, Kabanjahe-Naman Teran (menuju Kab. Langkat), perbukitan Tongging menuju (Kabupaten Simalungun).


Sementara lintas Karo yang menghubungkan Kabupaten Dairi, Pakpak Bharat berada di perbukitan  Kecamatan Merek, jelang Lau Pondom. Adapun rawan longsor menuju dan dari kawasan NAD yang rawan bencana longsor tepatnya di sekitar Lau Lisang, Dusun Lau Riman (Kecamatan Tiga Binanga), serta di sekitar Desa Kinangkong (Kecamatan Mardinding).

“Dalam waktu dekat kami akan membuat pemetaan kawasan rawan bencana. Hal tersebut merujuk surat Gubernur Sumut no 557.1/1394/2012 tertanggal 24 Februari lalu prihal antisipasi bencana merujuk perubahan iklim dan cuaca ekstrem,” ungkap Suang.(Hariansumutpos.com)